Hati-Hati Bunda..!! Beredar Udang Palsu dari China Berisikan Gelatin dan Lem

Hati-Hati Bunda..!! Beredar Udang Palsu dari China Berisikan Gelatin dan Lem
Seorang konsumen udang di Shanghai melaporkan penemuan mengejutkan mengenai udang segar yang baru saja dibeli di pasar. Dia kaget saat menemukan udang yang dibeli diisi cairan gelatin.

Sebagaimana diberitakan Shanghaiist, Kamis (20/8/2015), menurut surat kabar setempat, pria tersebut membawa udang-udang yang dibeli ke rumah.
Kemudian saat mengupas udang tersebut, dia menemukan bahwa udang yang dibelinya hanya berisi semacam bahan kimia serupa agar-agar.

Bulan lalu, Shanghaiist memberitakan bahwa seorang pembeli juga menemukan udang palsu yang sama. Saat itu sang konsumen membeli udang-udang tersebut dari sebuah pasar di Wenzhou. Udang palsu tersebut diduga berawal dari sifat udang yang cenderung menyusut setelah dicairkan (defrost). Penjual udang pun mencari cara untuk menyiasatinya.
Mereka lantas menyuntikkan gelatin ke dalam udang supaya udang  tersebut terlihat lebih gendut dan segar.
Selain itu, dengan menyuntikkan gelatin yang sudah ditambah zat aditif maka berat udang dapat bertambah 20 hingga 30 persen.


Gelatin memang dapat dikonsumsi secara aman. Namun, beberapa berspekulasi bahwa lem industri digunakan untuk disuntik ke dalam udang. Tentu saja lem tersebut berbahaya.

Demikian pula nasib konsumen di Shanghai, saat melihat udang yang terlihat segar ternyata dijejali benda semacam jelly. Kulit udang memang asli, tapi daging di dalamnya nyaris tidak tersisa.

Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan-Minuman China kini menindaklanjuti laporan soal udang ‘palsu’ tersebut. Ada dugaan selain gelatin, pedagang nakal mengolesi lem industri yang berbahaya bagi konsumen untuk mempercantik tampilan udang mereka.

Silahkan share artikel ini kepada temanmu, khususnya para ibu yang suka belanja di pasar supaya tidak salah beli.